68 PENGURUS OSIS-MPK MAN 1 GRESIK IKUTI LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SELAMA TIGA HARI

Jelang mengawali kepungurusan MPK-OSIS periode 2023-2024, sejumlah 68 siswa mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan yang diperuntukkan bagi pengurus baru MPK-OSIS MAN 1 Gresik tersebut dilaksanakan selama tiga hari atau tepatnya tanggal 27—29 Agustus 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pacet.

Selama tiga hari di Pacet siswa yang tergabung dalam MPK-OSIS akan mendapatkan berbagai materi. Kegiatan penyampaian materi disampaikan oleh guru MAN 1 Gresik dan Tim Ahli. Materi yang disampaikan berkaitan dengan keorganisasian. Beberapa materi keorganisasian meliputi, dasar-dasar leadership, administrasi organisasi, manajemen konflik dan berbagai materi keorganisasian lainnya.

Selain materi tentang keorganisasian, peserta LDKS juga disuguhkan berbagai kegiatan yang bersifat fun. Kegiatan yang bersifat fun tersebut meliputi Fun Games, Pentas Seni, dan beragai kegiatan yang bersifat edukatif. Artinya dalam LDKS ini peserta diajarkan bagaimana menyelesaikan tantangan dengan penuh semangat dan riang gembira.

Output dari kegiatan LDKS ini, MPK-OSIS terpilih nantinya dapat mengaplikasikan nilai-nilai keorganisasian ketika nanti sudah kembali dari LDKS. Selain itu, peserta LDKS dituntut mampu menyusun Program Kerja MPK-OSIS periode 2023-2024. Sehingga ketika kembali ke madrasah, peserta LDKS langsung gerak cepat merealisasikan program kerja tiap bidangnya masing-masing.

Menurut kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I, menurutnya OSIS-MPK MAN 1 Gresik harus mampu memimpin 1200 siswa MAN 1 Gresik yang memiliki keanekaragaman dan berbagai karakter. Untuk itu MPK-OSIS harus dapat mengarahkan dan memimbing 1200 siswa tersebut. maka untuk dapat membimbing harus memiliki jiwa kepemimpinan dan keberanian. Tidak hanya itu, belajar kepemimpinan dimulai dari kelompok terkecil yaitu MPK-OSIS. Menurutnya MAN 1 Gresik karena merupakan sekolah yang berbasis Islam, maka dalam setiap gerak dan tindakan haruslah berwawasan Islam, mengambil keputusan secara Islam, dan memutuskan sesuatu secara Islam.

Kepala MAN 1 Gresik juga berharap kepada pengurus MPK-OSIS harus memiliki prestasi. Tidak hanya bergerak dalam bidang organisasi. Namun MPK-OSIS haruslah mampu mendongkrak prestasi MAN 1 Gresik. Maka harus ada program-program untuk meningkatkan prestasi siswa MAN 1 Gresik. baik prestasi di tingkat lokal maupun nasional.

Leave a Comment